KERJA SAMBIL KULIAH APA KULIAH SAMBIL KERJA




Kali ini mimin ingin berbagi hal yang mungkin sudah tidak asing lagi khusunya bagi kalian ade - ade yang masih sekolah dibangku SMA atau SMK sederajatlah ya...
Setelah LULUS UN atau LULUS dari Sekolah Mau kemana saya? Nah mungkin itu yang terpikir dipikiran adek - adek sekarang ? ya? | kotau? kan mimin mah kepo huhu, gapapa kali kepo is care kata anak sekarang itu yaa...

Sebagian orang mungkin sudah punya rencana yang pasti dalam dirinya, bahwa setelah saya LULUS UN dan LULUS dari sekolah saya akan bekerja, ada juga saya akan kuliah. Namun untuk kuliah ini menjadi hal yang harus diperhitungkan, kenapa? karena kuliah itu harus memakai biaya yang dibilang cukup mahal pada era sekarang sehingga kita harus mengetahui kondisi orang tua sebelum memutuskan untuk kuliah.

bagi temen - temen yang masih mempunyai keinginan untuk kuliah namun terhambat dengan kondisi keuangan, mimin akan berikan solusinya tapi ini mah hanya sekedar pandangan mimin saja ya yang pernah mengalaminya.

Sebelum ke Solusinya, kita harus tahu dulu kalau "Kerja Sambil Kuliah" dengan "Kuliah Sambil Kerja" adalah hal yang berbeda. apa bedanya mas ?
Kalau Kerja Sambil Kuliah itu tenaga yang kita pakai 98% Bekerja dan sisannya kuliah. sedangkan Kuliah Sambil Kerja sebaliknya 98% untuk kuliah dan sisanya untuk bekerja. dari waktu saja pasti berbeda biasanya untuk yang "Kerja Sambil Kuliah" kuliahnya dari sore (pulang kerja) hingga malam.
atau weekend. Tetapi untuk "Kuliah sambil Kerja" biasanya kuliahnya pagi sampai selesai dan sisanya bekerja.

Capean mana mas ? iya dua pilihan tersebut memang sama - sama cape gada yang mending ya...
makanya dari postingan ini mimin ingin berbagi sedikit tentang niat dan tekad yang harus dimiliki oleh calon - calon para pejuang kehidupan untuk meraih kesukesan dunia dan akhirat tentunya.

buat teman - teman yang ingin melanjutkan pendidikannya keperguruan tinggi, dengan biaya sendiri ada hal yang harus dibangun dalam diri ade - ade atau teman - teman, apa saja itu ? berikut akan mimin sampaikan.

1. NIAT YANG TULUS
Niat adalah hal yang paling penting sebelum melakukan sesuatu, Berniatlah semata - semata kuliah ini adalah jalan untuk mendekat diri kepada Alloh SWT, agar mendapatkan ilmu yang bermanfaat bagi diri , bangsa, agama dan negara. Kalau kamu niatnya karena ingin Lulus saja hasil kuliahmu tidak akan pernah memuaskanmu(dan biasanyasih nilai jelek-jelek).

2.TEKAD YANG KUAT
Mengerjakan dua Aktifitas dalam kondisi dan waktu yang bersamaan itu bukanlah hal mudah, karena bekerja dan kuliah membutuhkan tenaga dan pikiran kalau saja tekad kamu tidak kuat maka hancurlah sudah rencanamu untuk bisa sukses sebagai pekerja dan mahasiswa, berat memang makanya sebelum terjun ke medan perang kita persiapkan dulu mental kita. Apakah siap atau tidak?, kalau memang siap mari kita terjun menjadi mahasiswa di malam hari, menjadi pekerja di pagi hari. kalau tidak siap lebih baik jangan karena akan membuang waktumu sia-sia, bahkan sayang biaya yang dikeluarkan dibuang begitu saja jika tidak kuat ditengah perjalanan.

3. BERSUNGGUH - SUNGGUH
 Usaha apapun tanpa bersungguh - sungguh takan menghasilkan sesuatu yang maksimal, makanya setelah kita mempunyai niat kemudian tekad, yang terakhir bersungguh - sungguh bekerja keras karena sudah mimin katakan bukan hal mudah Bekerja sambil Kuliah.


Setelah hal 3 Hal penting menurut mimin berdasarkan pengalaman sih itu juga pengalaman seseorang itu akan berbeda dengan yang lain.

ada tipsnya nih mau mimin bagiin juga, apa ajasih tipsnya :
1. Minta Restu dan Do'a kepada orang tua, terutama Ibu. mimin ngerasain banget bahwa do'a ibu itu bukan sebatas kata2 yang tertempel di sebuah truk, tapi do'a ibu ini emang penting untuk kelancaran dan kemudahan dalam menjalani kehidupan di dunia ini.

2. Mengumpulkan Biaya, pasti kalau ingin biaya sendiri kita harus mengumpulkannya terlebih dahulu dan inget awas jangan sampe pinjem uang ke orang lain buat biaya kuliah kalau ga yakin bisa ngbayar.
akibatnya akan dirasain sendiri deh.

3.Mencari Pengruan tinggi, Sambil ngumpulin uang tuh kita nyari info soal Perguruan tinggi apa saja yang ada kelas kariawanya, kalau dibandung sih sudah banyak, kotau? karena mimin orang bandung huhu.

4. Daftar menjadi Mahasiswa baru, setelah 3 tips diatas terlewati maka waktunya kamu untuk daftar ke perguruan tinggi yang kamu pilih, tips 1 - 3 diatas yang mimin lewati itu memakan waktu 1 tahun, jadi mimin bekerja dulu ngmpilin modal istilahnya huhu.

5. Serahkan Semuanya, Segala urusan, Masalah yang akan menimpa kamu dikemudian hari karena mimin yakin kita semua tidak akan lancar - lancar aja pasti akan menemukan batu kerikil dan duri, inilah pentingnya kita sebagai manusia hanya bisa berusaha segala yang menentukan Alloh SWT, jadi kembalikan lagi semuanya kepada Alloh Swt.

Senang nih bisa sedikit berbagi dan posting tentang pengalaman mimin, semoga dapat bermanfaat selamat berjuang Sukess yaa....

#Kuliah #kerja
 

Posting Komentar

0 Komentar